Senin, 20 Juli 2015

Membiasakan Anak Dengan Buku

Entah kapan pastinya tapi seingat ibu, sejak Azam umur 8 bulan, ibu sudah sering membelikan Azam buku. Awalnya buku-buku bergambar dengan ukuran yang kecil. Maksudnya supaya Azam tidak susah memegangnya. Sejak hari itu ada beberapa waktu dimana Azam senang dengan buku dan ada kalanya juga bosan.

 Ibu tidak pernah memaksa untuk Azam terus bermain dengan buku. Kenapa buku sudah diperkenalkan sejak Azam masih kecil sekali bukankah maka kanak-kanak adalah masanya bermain dan bermain? Ya, memang benar, tapi tidak salah kan kalau diselingi dengan buku. Walaupun cuma di bolak-balik tapi sebenarnya ketika itu Azam sedang mencoba memahami apa yang ada di buku tersebut. Gambar-gambar lucu yang seperti Apel, Rumah, Bola, Cangkir adalah beberapa yang Azam suka melihanya.

Bisa dibilang, buku tidak pernah lepas dari kegiatan Azam setiap hari. Sampai akhirnya sekarang usia Azam 3 tahun, Azam sudah akrab dengan buku. Bahkan yang membuat ibu senang adalah, setiap malam sebelum tidur Azam selalu minta dibacakan buku. Kita akan membaca bersama-sama. Maksudnya sama-sama, Ibu yang baca Azam perhatiin gambarnya.

Ini adalah ritual yang selalu kita lakukan setiap malam sebelum tidur, tentunya bareng dengan Azam jadwal minum susu. Setelah membaca beberapa halaman, Azam baru bisa tidur setelah sebelumnya baca do'a tidur. Harapan ibu, selalu harapan yang baik, semoga seterusnya Azam tetap suka membaca, karena dari membaca itulah kita akan tau apa yang terjadi di dunia, dulu, sekarang dan masa depan :)