Benarkah Hujan Yang Tidak Merata Menyebabkan Jumlah Air Berkurang?

Senin, 10 September 2018
Assalamualikum...

Ketemu lagi di tulisan Saya yang berikutnya. Kali ini kita membahas tentang fakta unik hujan dan air yuk. Eh kenapa harus ada hujan dan air? bukannya hujan itu memang air? Iya, tapi sadarkah kalian kalau seringkali ketika hujan turun dengan lebat secara berterusan bisa menyebabkan banjir. Orang-orang sering menganggap jumlah air dibumi akan bertambah karena hujan turun terus. Padahal ngga loh. 

Sebelum lanjutin obrolan di atas, kita bahas soal proses turunnya hujan dulu ya.

air hujan
pixabay




Proses terjadinya hujan diawali dengan proses penguapan air di daratan dan di lautan. Lautan menempati 71% luas bumi atau sekitar 361 juta km2. Lalu sisanya adalah daratan. yaitu 149 km2. Sampai sini udah kebayang belum bahwa air dibumi ini buaannyaakkkk banget.


Karena luas lautan di bumi lebih besar daripada luas daratan jadi jumlah air laut yang menguap tentu lebih besar.

Penguapan air yang terjadi di lautan mencapai 320.000 km3. Sedangkan di daratan sebanyak 60.000 km3. Partikel-partikel air tersebut terbang tinggi terbawa angin, lalu pada suhu tertentu akan turun ke permukaan bumi sebagai hujan, salju dan embun.

Ajaibnya, jumlah hujan yang turun di darat lebih banyak daripada di laut. Setiap tahun air yang turun ke bumi sebanyak 96.000 km3. Dan air yang menguap hanya 60.000 km3 saja. Dan jumlah air hujan yang turun ke lautan lebih sedikit daripada yang menguap. Pening ngga Teman? ngga kan ya..:D

kelebihan air di daratan kira-kira 36.000 km3 ini akan kembali  lagi ke laut setelah ia melakukan tugas-tugasnya. Misalnya: 

  1. Air berfungsi untuk menyuburkan tanah.
  2. Air untuk kita minum.
  3. Air untuk tumbuhan dan hewan.
  4. Air untuk mengairi sawah ladang.
  5. Air juga melembabkan daerah-daerah yang kering seperti Afrika.
Dan lain-lain.. Hayooo apa lagi nih fungsi air, tambahin ya Teman...

Setelah air melakukan semua tugasnya dan kelar ia akan kembali ke lautan dan daratan akan kembali seperti semula. Maksudnya jumlah airnya tetap aja segitu. Begitulah seterusnya. Fenomena air ini merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah yang harus kita syukuri.

Dan tugas kita menjaga alam agar tidak terjadi banjir. Banjir akan membuat daratan kesulitan untuk memproses air ini. Kalian tahu apa menyebab banjir? yup, banjir bisa terjadi karena pohon ditebang sembarangan, sampah dibuang sembarangan dan drainase semakin menyempit. Yuk jaga bumi, karena bumi ini cuma satu loh.

pixabay

Terakhir Rasulullah bersabda:

"Tidak ada tahun yang hujannya lebih banyak dari tahun lainnya tetapi Allah hanya membagi-bagikannya"
Post Comment
Posting Komentar