Azamsyah Belajar

Featured Posts Slider

5 Cemilan Ini Wajib Dibawa Pulang Dari Sumatera Barat

Kamis, 08 Februari 2018
5 cemilan yang wajib dibawa dari Sumatera Barat - Berkunjung ke SumBar bukan hanya melulu menikmati pemandangannya. Ada ciri khas ketika kita datang ke provinsi yang berada di cekungan bumi ini. Cemilan. Ya, cemilan khas SumBar sudah terkenal dimana-mana. Apalagi kalau bukan sanjai. Sanjai sejenis cemilan atau makanan ringan seperti keripik. Awalnya mungkin orang hanya mengenal sanjai sebagai keripik ala SumBar. Namun sangking terkenalnya akhirnya pada pedagang menjadikan sanjai sebagai brand atau pendamping merk toko misalnya Sanjai Sumondo, Sanjai Mintuo dan lain-lain.

Sanjai memang menjadi cemilan favorite karena terbuat dari bahan yang tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Bahan sanjai yaitu singkong atau ubi. Siapa yang tidak suka keripik apalagi keripik ubi? kebanyakan dari lidah kita familiar sekali dengan cemilan ini. Ubi yang diolah menjadi keripik dengan berbagai campuran rasa seperti manis dan pedas menjadi cemilan yang paling dicari.

Selain sanjai ubi kini banyak pedagang yang menjual cemilan lain semuanya enak. Namun diantaranya ada yang menjadi favorit dan wajib dibawa pulang. Berikut 5 cemilan yang wajib dibawa pulang dari SumBar.

jajanan sumbar


Sanjai ubi
Sesuai namanya sanjai ini terbuat dari ubi sebagai bahan dasar. Keripik ini semakin enak ketika diberi rasa. Umumnya orang menyukai keripik ubi pedas yang memang memiliki sensasi pedas yang berbeda. Sanjai ubi memiliki berbagai ukuran ada yang panjang dan ada yang dipotong bulat seperti pada umumnya. Bahan lain yang digunakan untuk sanjai adalah talas dan pisang.

Alen-alen
Bentuknya unik seperti angka delapan dan berwarna kuning cerah. Alen-alen juga dibuat dari ubi yang dihaluskan kemudian dibentuk lalu digoreng. Kebanyakan alen-alen memiliki rasa original dan rapuh jadi tidak sulit mengunyahnya.

Beras rendang
Bahan utama cemilan ini adalah beras. Seperti yang kita tahu SumBar salah satu provinsi dengan mayoritas mata pencaharian dari bertani. Hamparan sawah padi nan luas menjadi pemandangan utama ketika berkunjung ke provinsi yang sejuk segar ini. Tidak heran beras tumbuk dibuat untuk melengkapi oleh-oleh ketika berkunjung kesini. Beras yang ditumbuk halus kemudian diberi gula agar terasa manis kemudian di bentuk bulat pipih. Ada yang ukuran besar dan ada juga yang dibentuk petak kecil-kecil. Setelah dipanggang kemudian dibungkus dengan kertas dan siap packing.

Kipang
Kipang memiliki dua bahan yang berbeda yaitu dari beras dan ketan. Kipang adalah jajanan jaman dulu yang masih dilestarikan hingga kini oleh masyarakat SumBar. Beras yang diolah sedemikian rupa hingga mekar ini dibentuk persegi kemudian dipotong dan masing-masing dibungkus plastik. Jajanan ini benar-benar mengingatkan saya dengan masa kecil karena menjadi favorite sebab harganya murah.

jajanan sumbar


Kerekel/keripik ubi nepo
Kerekel ini jenis makanan dari singkong yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng. Ada yang diberi pewarna alami dari kunyit dan ada yang original. Rasanya gurih cocok untuk cemilan. Kerekel biasa dijual dalam bungkus besar ukuran satu kilogram. Namun ada juga yang menjual dalam bungkus kecil setengah ons. Tergantung peminatnya.

Jajanan dari SumBar memang terlihat sepele dan hampir semuanya berbahan dasar singkong, beras dan beras ketan. Ini semua tidak lepas dari hasil bumi yang memang menjadi mata pencaharian penduduk sehari-hari yaitu bertani. Meskipun hanya cemilan sederhana nyatanya banyak wisatawan yang menyukai jajanan dari kota jam gadang ini. Bagaimana dengan kamu? jajanan apa yang sering kamu bawa pulang dari tempat wisata? share di sini ya.


Coklat, Makanan yang Paling Digemari Anak-Anak

Kamis, 18 Januari 2018
Ada kelembutan dan ketegasan dalam pahit dan manisnya coklat


makanan kesukaan anak
pixabay
Azam paling suka dengan coklat. Sangkin sukanya kalau boleh nasi pun berwarna coklat. Setiap melihat makanan yang ada coklat atau berwarna coklat ia selalu antusias ingin mencicipi. Entah itu kue, muffin, brownies, snack, roti dll yang penting coklat. Menurutnya coklat itu enak. Ada pahit dan manis yang dirasakan bersamaan.

Ngomongin soal coklat dan kesukaan Azam memamah coklat mungkin karena saya juga suka coklat. Hanya saja karena tahu kalau kebanyakan ngga bagus untuk body jadi ya ditahan deh. Tapi ini tidak berlaku untuk Azam. Biarpun sudah dibilangi jangan banyak-banyak ntar giginya bolong loh. Cuek aja dia mah.


Eh bener ngga sih kalau coklat bisa bikin gigi bolong?
Faktanya coklat hanya memiliki kandungan gula sekitar 48 gram saja. Dan 545 kalori. Coklat merupakan buah yang awalnya ada di Mesoamerika. Mereka menjadikan coklat bukan untuk dimakan tapi diminum. Lama-lama produksi coklat semakin meningkat dan digunakan ke berbagai jenis makanan. Untuk menjadi sebuah makanan atau minuman tentu diperlukan bahan lainnya seperti gula. Kandungan gula yang tinggi dalam coklat inilah yang menyebabkan gigi bolong. Jadi bukan karena coklatnya ya.


Manfaat coklat bisa bikin happy, benarkah?
Yup, fakta menarik lain dari coklat adalah ia mampu merangsang hormon dopamin yang dapat memperbaiki mood seseorang. Ngga heran kalau orang pada suka jika diberi hadiah coklat. Belum juga di makan. Baru dilihat aja sudah seneng. Hebat banget daya rangsang dari coklat ini.

Batasan mengkonsumsi coklat.
Meskipun bisa bikin suasana hati jadi lebih baik, bukan berarti boleh sering-sering makan coklat dalam jumlah banyak ya. Seenak apapun kalau udah kebanyakan, eneg juga kan. Biasakan membatasi coklat setidaknya seminggu 3 kali masih okelah. Tapi kalau setiap hari makan coklat trus makannya sampe 250gr setiap hari ya gendut juga ntar. Ingat loh dalam makanan yang terbuat dari coklat banyak kandungan gulanya. Kecuali jika kamu suka makan coklat pure yang notabene pahit banget ya. 

Azam pernah tuh makan coklat pure yang ampun deh pahit.. Dia yang biasanya exited sama coklat langsung udah di gigitan pertama. hahahahha mamaknya ngikik.

Dalam banyak-banyak makanan yang terbuat dari coklat Azam paling suka sama brownies coklat. Selain nyoklat banget brownies memiliki tekstur soft di dalam dry di luar jadi mudah digenggam. Saya juga suka brownies soalnya bikinnya mudah. Kayak kemarin nih kita coba nikin brownies berdua eh bertiga ding bareng kakak sepupunya yang lagi liburan di rumah kami. 

Awalnya pingin bikin brownies yang soft dan kalau bisa yang melted jadi meleleh di tengah ketika digigit. Eh karena salah dikit... aja (gas abis, Bo) akhirnya si brownies jadi dry banget sampai luarnya keras tapi syukurlah masih tetep soft sedikit di dalam. :D....

Membuat cake semacam ini memang tricky sih menurutku. Salah adon sedikit aja udah ngambek. Salah ukuran sedikit aja udah merajuk. Sensi gitulah. Berbeda kalau kita masak makanan yang yah.. masih bisa diutak-atik kalau ada kesalahan dalam bahan dan rasa. 

Pinginnya sih  nulis resep tapi ini postingan sudah panjang banget kayaknya ya... Okelah next post saya tulis resepnya ya... semoga bisa dipraktekkin bareng anak-anak ya, Bu.

Tingkatkan Kecerdasan Emosional Anak Dengan Permainan Tradisional

Selasa, 16 Januari 2018
Permainan tradisional kini semakin ditinggalkan tidak hanya di kota tapi juga hampir di pelosok desa. Pesona gawai memang sangat sulit dihindari dengan segala fitur permainan dan berbagai aplikasi sosial medianya membuat anak-anak terbuai. Sulitnya mengalihkan perhatian dari gawai ini banyak membuat orang tua pusing dengan tingkah pola kids jaman now ini. Jika dulu orang tua berteriak-teriak menyuruh anaknya pulang kini orang tua berteriak menyuruh anaknya bermain diluar.

Pe er bagi orang tua zaman now semakin kompleks mengingat bahaya gawai semakin memprihatinkan. Sebenarnya orang tua bisa mengalihkan anak-anak dari gawai dengan aktif mengajaknya bermain keluar rumah. Jika dulu anak-anak akan aman bermain bersama teman kini tidak bisa dipungkiri bahaya diluar rumah juga tidak kalah mengerikannya. Jadi perlu ditemani. 

Untuk membuat suasana bermain semain seru ibu bisa berkolaborasi dengan orang tua lain untuk mengajak anak bermain permainan tradisional. Meskipun terlihat seperti jaman old namun permainan tradisional memberi banyak manfaat. Apa saja jenis permainan yang bisa meningkatkan kecerdasan emosional pada anak. Simak yuk, Bu.

permainan tradisional
google
Main Engklek/taplak
Permainan ini kelihatannya sederhana hanya melompat-lompat saja namun nyatanya tidak seperti itu. Engklek berasal dari bahasa Jawa. Jenis permainan ini dapat meningkatkan motorik dan kekuatan fisik anak. Ketika melompat dia akan belajar tentang keseimbangan dan ketelitian saat melempar batu. Gerakan kaki dan tangan akan membuat tubuhnya bergerak aktif dan berkeringat. Komunikasi aktif dengan temanpun dapat terjalin dua arah.

permainan tradisional
google
Lompat tali
Seperti engklek, lompat tali adalah permainan fisik dimana anak akan melompat melewati tali yang di pegang oleh dua orang temannya. Permainan ini mengajarkan anak untuk teliti mengenai tinggi lompatan dengan batas tali. Hukum fisika sederhana dibutuhkan agar salah satu anggota tubuh tidak mengenai tali.

permainan tradisional
google
Congklak
Satu masa dulu permainan coklak sangat digemari anak-anak. Permainan yang melibatkan dua orang ini terlihat sederhana namun membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Ilmu matematika diperlukan untuk menghitung jumlah biji coklak. Selain itu motorik tangan anak akan terlatih dengan caranya meletakkan satu persatu biji congklak dalam setiap lumbung.

permainan tradisional
google
Patok Lele
Terlihat berbahaya memang tapi seru. Kemampuan menangkap anak lele dapat meningkatkan konsentrasi mata. Karena anak lele harus ditangkap saat dipukul oleh lawan mainnya. Permainan ini bisa dilakukan beramai-ramai agar lebih semarak. Selain itu kemampuang berhitung juga diperlukan karena masing-masing tim harus menghitung dan mengingat jumlah skor yang didapat.

permainan tradisional
google
Bermain bola bekel
Permainan ini menggunakan bola bekel dan kulit kerang sebagai alatnya. Bola akan dilambungkan kemudian secara bersamaan tangan akan mengambil kerang. Begitu seterusnya dengan hitungan dan aturan yang bisa disepakati bersama karena permainan ini dimainkan beramai-ramai hingga 5-6 orang.

Beberapa jenis mainan tradisional lainnya sebenarnya masih banyak. Lima permainan di atas hanya contoh bahwa permainan jaman old tidak kalah seru dan menguji intelegensi kita. Selain itu anak-anak juga diajarkan untuk bertoleransi, berkompetisi sekaligus menambah teman real. Artinya teman yang di dapat tidak semu. 

Jadi permainan tradisional apa sajakah yang masih kamu mainkan hingga saat ini. Share disini yuk.

5 Langkah Perawatan Kesehatan Bayi Saat Liburan di Alam Bebas

Rabu, 10 Januari 2018
5 langkah perawatan kulit bayi saat liburan di alam bebas - Liburan adalah masa yang ditunggu tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga paling suka berlibur. Namun persoalan yang sering timbul ketika liburan ke alam bebas adalah saat harus membawa bayi bersama.

Liburan jika meninggalkan bayi rasanya ada yang kurang. Begitulah yang sering saya alami. Jangankan berlibur. Pergi keluar rumah beberapa jam sementara bayi dijaga oleh pengasuh atau dititipkan kakak sepupunya saja tidak langsung membuat saya tenang. Mungkin karena saya ibu rumah tangga sejati yang setiap hari setiap menit menghabiskan waktu bersama bayi di rumah. Jadi kalau bayi ditinggal sebentar saja rasanya cemas.

Ketika liburan kemarin kami memilih Bukit Tinggi, Sumatera Barat sebagai destinasi wisata dengan alasan lebih dekat dari Pekanbaru. Lagipula di SumBar memang memiliki banyak sekali wisata alami artinya selama di sana kami akan terus bersentuhan dengan alam. Berbeda jika kita pergi ke tempat wisata ciptaan tangan manusia. Wisata alam di SumBar terbilang masih asri. Kalian akan bertemu dengan air terjun di pinggir jalan raya. Aliran sungai yang sangat deras dan terawat serta hutan lindung yang lebat. Pemandangan ini akan terhampar gratis begitu kalian memasuki Provinsi Sumatera Barat.

5 langkah rawat kesehatan bayi

Bersentuhan dengan alam berarti harus ekstra jaga kesehatan baik diri sendiri maupun anak-anak apalagi yang bayi. Jadi sebelum pergi ada beberapa persiapan yang saya lakukan agar kulit dan kesehatan bayi tetap terjaga. 

Kondisikan jadwal mandi bayi dengan cuaca.
SumBar memiliki curah hujan yang tinggi. Jika musim kemarau provinsi ini tetap memiliki debit air yang cukup membuat dingin tubuh. Apalagi jika musim hujan tiba sehari bisa turun hujan beberapa kali yang menyebabkan udara semakin beku. Untuk menjaga bayi tidak kaget saya membuat jadwal mandi satu kali sehari dengan air hangat. Jika biasanya bayi mandi 2 kali sehari dengan air dingin cukup mandikan dia sekali saja. Jika bayi kotor karena bermain gunakan handuk basah untuk membersihkannya.

Cukupkan makan minum dan ASInya.
Bermain di alam kadang membuat beberapa orang tua lalai akan perut bayi. Seperti halnya orang dewasa bayi juga akan cepat merasa lapar di cuaca yang dingin. Jangan memaksakan bermain tanpa memberi dahulu ASI yang cukup. Selalu membawa bekal untuk anak dan bayi selama di perjalanan maupun ketika duduk di tempat wisata yang dituju.

Vitamin untuk booster kesehatannya
Vitamin bisa dibawa sebagai booster tubuhnya agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Berikan vitamin sehari sekali. Selain itu ibu juga bisa menyediakan madu alami. Madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik. Berikan satu sendok teh untuk anak di usia 5 tahun dan 1/2 sendok teh untuk bayi usia 1 tahun.

Cukupkan waktu tidur bayi
Meskipun sedang berjalan-jalan jangan abaikan jadwal tidur bayi. Karena sedang membawa bayi sebaiknya ibu tidak memaksakan untuk mengikuti seluruh jadwal trip wisata. Jika dirasa bayi kelelahan sebaiknya istirahat di hotel atau homestay daripada memaksakan diri yang akhirnya membuat bayi sakit.

Obat-obatan untuk P3K
Obat-obatan seperti obat luka, perban, plester luka, obat demam, obat sakit perut dan lain-lain sebaiknya dibawa serta. Ini menjaga dari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan. Kondisi di alam bebas tentu membuat kesulitan mencari obat-obatan jadi pastikan ibu membawanya.

wisata ke pantai sumbar

Usahakan agar kondisi bayi dalam keadaan baik sebelum melakukan perjalanan agar trip keluarga bisa berjalan nyaman. Musim liburan tentu lekat dengan kemacetan jadi usahakan untuk mengatur waktu keberangkatan dan waktu kembali agar tidak terjebak macet. Semoga bermanfaat.


The Baliview Luxury Villas and Resto Pekanbaru

Selasa, 09 Januari 2018
The baliview luxury villas and resto Pekanbaru - Libur hujung tahun 2017 menjadi moment menyenangkan buat Azam. Karena libur sekolah dan libur hujung tahun jadi satu selama 12 hari. Banyak agenda kegiatan yang dilakukannya salah satunya menginap di baliview villas and resto ini. 

The Baliview lebih dikenal dengan sebutan The Jimbaran yang mengusung tema Bali. Walaupun tidak terlalu ke-Bali-Bali-an namun nuansa Bali bisa sedikit terasa di villa ini. Begitu memasuki gerbangnya mata akan disuguhnya dengan suasana yang tenang. The Jimbaran memang tidak berada tepat di tepi jalan. Lokasinya yang agak masuk ke dalam dan sepi membuat villa ini terasa sepi dan tenang.


villa terbaik di pekanbaru
 

Untuk menuju ke lokasi tidak terlalu sulit, mungkin karena kami juga warga Pekanbaru jadi tidak bingung mencari tempat ini. Lokasinya berada di jalan Jl. Putri Indah Blok B No. 1, Simpang Tiga, Bukit Raya, Kota Pekanbaru. 

Dari jalan Sudirman kami lurus terus ke arah Simpang Tiga. Sebelum sampai simpang tiga ada gedung Laena Tour yang dulunya bekas gedung konsulat Malaysia. Disamping gedung itu ada jalan Putri Indah. Lurus aja ke dalam mentok sampe ujung. Dah ketemu deh. 

Ada beberapa tipe villa yang ditawarkan dengan harga sesuai dengan kondisinya. Kami menyewa villa dengan tiga kamar seharga 700.000 ribu/malam. Dilengkapi dengan tv dan AC di setiap kamar serta dua kamar mandi, satu di dalam kamar utama dan satu lagi di luar kamar. 

Yang saya suka dari villa ini adalah rumput jepangnya yang tertata rapi. (receh sekali kan). Rumput ini ditanam dibagian halaman depan dan samping. Sebenarnya The Jimbaran memiliki beberapa tipe villa dimulai dari start 750.000 - 2.000.000/malam dengan fasilitas yang berbeda tentunya. Kami dapat harga 700.000 karena sedang ada diskon jelang tahun baru. Lumayan kan... 

Pemandangan di setiap depan villa hampir sama yaitu setiap villa ditanami rumput jepang, satu pohon ketapang jepang dan pohon bunga kamboja bali. Tatanan yang selaras ini konsisten membuat mata tidak risih karena penataan yang berantakan. 

villa terbaik di pekanbaru


Di pintu masuk The Jimbaran kita akan bertemu dengan services center yang akan memberi info yang dibutuhkan. Ada kolam renang dengan ukuran sesuai untuk anak-anak sehingga memudahkan mereka berenang tanpa takut tenggelam. 

Services sarapan pagi juga ada dan ini free loh.. Breakfast dimulai sejak pukul 08.00 - 10.00 WIB pagi. Dan kamu bebas membawa makanan ke tempat duduk yang disediakan di pinggir kolam. Jadi sambil sarapan bisa sarapan juga sebab breakfast room memang bersebelahan dengan kolam renangnya. 

Yang kurang nyaman dari kondisi villa yaitu tidak disediakan keset kaki dan sapu. Lantai yang berkilat jadi licin jika terkena air. So, harus hati-hati ketika keluar dari kamar mandi. Ketika kami meminta sapu dan keset yang diberi oleh petugas hanya sapu dan tiap kamar hanya memiliki satu handuk saja. 

Padahal ada tiga kamar yang dimana dua kamar berisi dua orang sementara satu kamar 4 orang karena ada anak-anak. Jadi satu handuk harus berbagi deh. Di bagian kolam renang juga tidak ada handuk khusus untuk berenang. Jadi kami harus membawa handuk masing-masing. Tapi untuk keseluruhan menurut saya The Jimbaran oke loh.. kalau dinilai dengan bintang sih, yah bisa dapat 4 bintang. Semoga bermanfaat.

Manasik Haji, Latih Anak Menunaikan Rukun Islam Ke 5

Rabu, 15 November 2017

Haji adalah rukun islam ke 5 dan wajib dilakukan bagi yang mampu. Mengunjungi tanah suci Makkah tentu menjadi impian setiap muslim karena disana merupakan kiblat dari seluruh umat muslin di dunia. Haji menjadi ibadah yang begitu spesial karena selain jarak juga memerlukan kekuatan fisik yang baik agar seluruh kegiatan haji terlaksana.

Mengenalkan anak mengikuti program manasik haji di sekolah merupakan satu letupan semangat. Dengan program ini diharapkan anak dapat mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam ibadah haji. Selain itu semangat untuk pergi ke tanah suci menjadi lebih kuat baik yang dirasakan oleh orang tua dan juga anak.

Meskipun sifatnya hanya sebagai pengenalan namun setiap anak benar-benar dibekali pengetahuan dasar tentang tata cara berhaji. Diawali dengan niat, berpakaian ihram, mengenakan tanda pengenal sampai rukun dan sunnah dalam ibadah haji. Apasajakah yang diajarkan oleh sekolah mengenai program haji? berikut penjelasannya.


Tata Cara Melakukan Ibadah Haji
Rukun Ibadah Haji
Rukun ibadah haji ada 6 yaitu:

Niat dan berpakaian ihram. Niat disini dimaksudkan agar setiap orang yang berhaji harus berniat benar-benar karena Allah dan tidak ada paksaan atau karena ada sebab lain. Di sini anak-anak di latih untuk melakukan sesuatu hanya ingin mengharap ridha Allah dan bukan yang lain.

Kemudian berpakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Pakaian ihram untuk anak lelaki berupa kain putih yang menyelimuti aurat dari pusat hingga kaki dan satu helai kain lagi untuk menutupi dada. 

Sedangkan untuk anak perempuan berupa baju syari dan mukena. Karena sifatnya masih latihan maka anak-anak lelaki boleh memakai baju kemudian dililit kain ihram asalkan semua berwarna putih.

Makna ihram sendiri dalam ibadah haji adalah terlarang atau tercegah. Terlarang artinya selama berhaji seseorang itu dilarang berkata kasar, berkelaluan kasar, menikah, jima' dan lain-lain yang menggugurkan ibadah haji.


Thawaf yaitu kegiatan mengelilingi ka'bah sebanyak 7 kali. Pada putaran 1-3 disarankan untuk berlari-lari kecil sedangkan dari putaran 4-7 berjalan seperti biasa.

Sa'i adalah rukun haji yang ketiga yaitu berlari-lari dari bukit safa ke marwa. Disini anak-anak diajarkan untuk berusaha dalam hidupnya. 

Seperti kisah sa'i yang dilakukan Siti Hajar ketika dulu ia berlari-lari mencari air untuk dirinya dan anaknya Ismail. Sa'i memiliki makna yang dalam untuk proses ikhtiar dan pencarian jati diri kemudian berpasrah pada kehendak Allah. 

Ketika ikhtiar dan do'a dilakukan maka disitulah rahmat Allah turun berupa air yang memancar dari tumit kaki Ismail yang kemudian dikenal dengan nama air zam-zam yang kekal hingga hari ini.

Wukuf merupakan puncak ibadah haji yang dilaksanakan di Padang Arafah pada tanggal 9 djulhijah dimulai sejak matahari sudah bergeser dari tengah hari. 

Karena dilaksanakan pada tengah hari kebanyakan anak mengeluh karena panas. Disini para guru mengambil alih untuk menenangkan anak murid sembari memberi pengertian bahwa ibadah wukuf sangat penting. Karena disini merupakan proses penyerahan diri seutuhnya pada Allah dan mengakui bahwa hanya Allah lah zat yang maha berkuasa atas tiap-tiap yang ada dilangit dan bumi.

Tahalul di simbolkan dengan menggunting 3 helai rambut. Maksud dari tahalul itu sendiri adalah dihalalkan atau dibolehkan bagi seorang jamaah dari pantangan atau larangan ihram.

Tertib artinya menjalankan ibadah haji secara beruturan dan tidak boleh dilompat-lompat karena bila ada yang tertinggal maka ibadah haji menjadi batal.

Manasik haji yang dilakukan di sekolah Azam biasanya diadakan di lapangan purna MTQ Idrus Tintin sebab lapangan tersebut luas sehingga semua anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan teratur. Sedari pagi anak-anak akan dikumpulkan berdasarkan sekolahnya masing-masing. 

Diawali dengan pembukaan manasik oleh panitia kemudian masing-masing sekolah bergiliran mengerjakan manasik haji. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap tahun dan diikuti sedikitnya oleh 1000-1500 anak dari berbagai sekolah baik itu TK maupun RA.

Dengan kegiatan manasik haji sebagai salah satu program rutin sekolah diharapkan kelak anak-anak berusaha untuk benar-benar menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya.