Pentingnya Melewati Hari Bersama Ayah

Sabtu, 14 April 2018
Ada masa bagi anak-anak untuk bermain bersama ayahnya. Kegiatan bermain ini bisa dilakukan di saat liburan atau weekend. Ntah itu anak perempuan ataupun laki-laki mereka memiliki figur dan bayangan jelas tentang ayah mereka. Bermain bersama ini akan menjalin rasa memiliki antara ayah dan anak. Begitupulah dengan Azam, anak lelakiku ini bisa dikatakan setiap hari bersamaku, ibunya. Jarang ada waktu bersama ayahnya. Alasan yang sangat umum, sibuk. Yah, begitulah.

Sebagai ibu aku tidak ingin membiarkan hal ini terjadi berterusan. Azam harus dekat dengan ayahnya selaiknya dia dekat denganku. Bukannya ingin curi-curi agar ibunya bisa menikmati moment me time ya... yah ada sih sikit-sikit ke arah itu. Namun yang paling penting adalah agar tercipta rasa dekat dan memiliki antara Azam dan ayahnya, itu yang menjadi alasan utama. Tidak sulit memang, apalagi urusan bujuk membujuk asal tepat waktunya pasti mempan. hehehhehe sapa dulu ibunya.

Ada saja kegiatan yang dikerjakan ayah disela waktu senggangnya. Azam ikut mendampingi. Misalnya bermain cajon. Ibu-ibu tau apa itu cajon. Penampakannya seperti ini.



Kotak musik yang di gebuk pake tangan hingga menciptakan nada seperti drum akustik. Wuiihh ayah kalau udah main ini, lupa waktu deh. Azamnya juga suka, secara ayah ngegebuk cajon dibarengi dengan musik anak yang diputar lewat youtube dan suaranya dikeluarkan lewat speaker yang kenceng banget. Udah bener-bener kayak konser deh. 

Mainan lain yang suka barengan itu bongkar-bongkar lemari yang berisi alat pertukangan ayah. Ini sama menyenangkannya dengan gebuk cajon. Ayah akan mengenalkan Azam dengan berbagai benda-benda pertukangan mulai dari obeng, meteran, paku, segala jenis baut, tang, penokok atau hammer dan lain-lain. 

Abis itu ada aja benda yang akan di oprek sebagai bahan latihan. Seneng deh liat mereka akur gitu. Setidaknya ibu punya waktu luang untuk me time. haduuh ketauan aslinya. 

Kadang kami sebagai orang tua juga mengajak Azam ngemall. Cuci mata liat barang-barang yang dipajang di mall abis itu makan, trus ngajak Azam main di tempat permainan anak. Nah.. betah deh kalo udah ke sini. Segala mainan semua pengen dicoba. Dan ngga kerasa hari sudah sore. Saatnya untuk pulang. 

Menyediakan waktu ayah untuk anak itu tidaklah sulit asal ada kemauan pasti Allah ciptakan jalannya. Dari kegiatan bermain itu akan menjadi kenangan manis untuk anak dan akan dia bawa hingga sampai dewasa nanti. Amin.
Post Comment
Posting Komentar