Selasa, 14 Maret 2017

Mainan Anak-Anak Sepanjang Masa

Mainan anak-anak sepanjang masa - Dunia anak tidak lepas dari bermain. Bisa dibilang tiada hari tanpa bermain. Kadang hal ini membuat kesal orang tua termasuk saya tentu saja. Saat saya menyuruhnya untuk mandi yang ada Azam (anak saya) masih terus asik main. Sebelnya lagi dia malah ngeluh

"Haaaa... kenapa mandi?" dengan muka cemberut.

Kesel ngga sih, sering, karena sudah kehabisan kata saya bilang.

"Entah, Ibu pun tak tau kenapa Azam harus mandi" dengan wajah tak kalah cemberutnya.

Tadinya saya fikir dengan berkata begitu membuat dia akan berfikir kenapa aku harus mandi. Tapi nyatanya salah. Otak anak yang memang didesain masih untuk bermain jadi bingung. Seolah perkataan saya itu ambigu, absurd dan blunder jadi wajar kalau dia semakin tak faham. #keplakMamaknya

Seharusnya dalam memberitahu anak itu perintahnya kudu jelas singkat dan padat. Kalau pakai istilah ayah sih, irit kata. Beda sama saya yang suka ngomel ngga jelas. Akhirnya bikin anak pusing dan males denger. #mamakLelah

Etapi, persoalan males mandi ini berbanding terbalik kalau musim hujan tiba. Anak saya semangat sekali untuk mandi hujan. Bahkan jika dibolehkan hujan yang turun malem-malempun dia mau mandiinnya. Persoalannya sih simple, sambil mandi hujan dia bisa main air sepuasnya sembari mainan yang lain seperti main bola, kapal-kapalan, mencari cacing sampai membentuk aliran sungai ecek-ecek.


Kalau saya fikir-fikir mandi hujan ini bisa loh dikategorikan sebagai mainan anak-anak sepanjang masa. Ya iyeslah, coba deh diingat siapa sih diantar kalian yang ngga pernah mandi hujan. Eh, atau saya aja kali ya yang doyan mandi hujan waktu kecil, jadi ngga heran kalau sekarang nular ke anak.

Sampai sekarang kalau hujan turun saya masih suka antusias menyambutnya apalagi jika kemarau sudah berpanjangan. Hujan seolah menjadi euforia alam yang paling di tunggu. Terus terang saya lebih suka hujan. Meskipun banyak yang bilang kalau sering-sering hujan malah banjir ujungnya. Bener juga sih, seperti musibah yang terjadi saat ini nih, Tanah longsor dan banjir yang melana Riau hingga ke Sumbar. Sudah banyak korban yang jatuh akibat bencana ini #MamakSedih. :(

Terus kalau anaknya suka mandi hujan, mamak sering ngelarang ngga? ya tergantung situasi dan kondisi hujannya. Ngga semua hujan bisa dimandiin. Misalnya nih, hujan panas atau cuma gerimis manjah yang saya ngga ngijinin anak mandi hujan. Cuma... adaaaaaaa *a nya kepanjangan, Mak :P
muslihat anak saya supaya bisa basah-basahan, entah itu pura-pura cuci kaki atau ngumpulin sampah daun yang berserakan. Yang penting bagi dia udah basah aja seneng.

Yah, mau gimana lagi begitulah anak saya asal tidak mencelakai dirinya saya sih bisa toleranlah kalau soal ini mah. Secara buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Lah saya dulu juga gitu #krukupanPanci