Radio Republik Indonesia, Bantu Anak Menemukan Passionnya.

Jumat, 10 November 2017
RRI

Radio Republik Indonesia (RRI) adalah stasiun radio milik pemerintah Indonesia yang berdiri sejak 11 September 1945 dan mengusung slogan "Sekali di udara, tetap di udara". RRI ada di setiap kota termasuk Pekanbaru dan menjadi salah satu stasiun radio yang konsisten menyajikan informasi dan hiburan yang edukatif bagi pendengarnya.

Salah satu program RRI adalah menerima kunjungan dari sekolah-sekolah. Disini RRi mengadakan program yang dirancang khusus pagi anak didik untuk ikut dalam talk show, penampilan bakat dan hiburan. Anak didik yang mengikuti siaran merasa antusias ketika melihat isi studio dan bersemangat tentunya.

Program RRI yang Ramah Anak
Kali ini giliran sekolah RA Addina Syifa yang mendapat kesempatan untuk berkunjung ke RRI dan mengikuti beberapa acara  tentang mengasah bakat dan cita-cita. Kunjungan ke RRI menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu sebab anak-anak telah membayangkan tampil di radio dan menunjukkan kemampuan mereka. 

Acara pertama diisi dengan menyanyi yang pimpin oleh guru sekolah. Ada beberapa lagu pembuka dan membangkit semangat. Disusul dengan membaca surah pendek secara bergiliran. Setiap anak diberi kesempatan untuk tampil membaca surah. Ada yang tampil sendiri dan ada yang bertiga. Seragam melayu menjadi pilihan mengingat acara ini sarat dengan pesan untuk mencintai agama sejak dini.

Azam kebagian membaca surah Al-fatihah bersama ketiga rekannya. Semua anak bersemangat dan tidak sabar menunggu giliran. Sempat nervouse itu yang dikatakan Azam, namun semua hilang sebab euforia dari teman-teman menghilangkan rasa gugup itu. Surah Al-fatihah dibaca dengan baik disusul dengan surah Al-Ikhlas dan Al-Falaq oleh teman lainnya.

Selesai pembacaan surah dan bernyanyi, anak-anak diberi kesempatan bermain piano yang ada di studio. Seorang guide dari pihak radio mendampingi anak untuk belajar membaca note lagu dan menekan tuts piano dengan benar untuk mendapat irama yang benar. Masing-masing anak mendapat giliran yang sama agar tidak ada yang iri.

Selesai acara anak-anak duduk rapi dan bersiap membuka bekal masing-masing. Untuk acara di luar sekolah biasanya guru sudah berpesan untuk membawa bekal sendiri. Jika ada anak yang tidak membawa bekal maka anak lain di ajarkan untuk berbagi sedikit makanan mereka agar semua dapat makan.

Kegiatan luar sekolah seperti ini selain dapat menambah pengetahuan anak juga dapat menghilangkan rasa bosan terhadap rutinitas sekolah. Selain itu anak juga bisa menambah rasa percaya diri dengan berani tampil di hadapan teman-teman dan orang lain. Bakat terpendam mereka juga mungkin bisa timbul dari kegiatan ini. Misalnya ternyata dari bermain piano yang sebentar itu anak merasa tertarik dan dapat diteruskan di tempat les. Anak juga lebih berani untuk tampil dan mengungapkan keinginannya.

Teman-teman, kegiatan apa yang dilakukan oleh sekolahmu, boleh share disini ya...
Post Comment
Posting Komentar