Coklat, Makanan yang Paling Digemari Anak-Anak

Kamis, 18 Januari 2018
Ada kelembutan dan ketegasan dalam pahit dan manisnya coklat


makanan kesukaan anak
pixabay
Azam paling suka dengan coklat. Sangkin sukanya kalau boleh nasi pun berwarna coklat. Setiap melihat makanan yang ada coklat atau berwarna coklat ia selalu antusias ingin mencicipi. Entah itu kue, muffin, brownies, snack, roti dll yang penting coklat. Menurutnya coklat itu enak. Ada pahit dan manis yang dirasakan bersamaan.

Ngomongin soal coklat dan kesukaan Azam memamah coklat mungkin karena saya juga suka coklat. Hanya saja karena tahu kalau kebanyakan ngga bagus untuk body jadi ya ditahan deh. Tapi ini tidak berlaku untuk Azam. Biarpun sudah dibilangi jangan banyak-banyak ntar giginya bolong loh. Cuek aja dia mah.


Eh bener ngga sih kalau coklat bisa bikin gigi bolong?
Faktanya coklat hanya memiliki kandungan gula sekitar 48 gram saja. Dan 545 kalori. Coklat merupakan buah yang awalnya ada di Mesoamerika. Mereka menjadikan coklat bukan untuk dimakan tapi diminum. Lama-lama produksi coklat semakin meningkat dan digunakan ke berbagai jenis makanan. Untuk menjadi sebuah makanan atau minuman tentu diperlukan bahan lainnya seperti gula. Kandungan gula yang tinggi dalam coklat inilah yang menyebabkan gigi bolong. Jadi bukan karena coklatnya ya.


Manfaat coklat bisa bikin happy, benarkah?
Yup, fakta menarik lain dari coklat adalah ia mampu merangsang hormon dopamin yang dapat memperbaiki mood seseorang. Ngga heran kalau orang pada suka jika diberi hadiah coklat. Belum juga di makan. Baru dilihat aja sudah seneng. Hebat banget daya rangsang dari coklat ini.

Batasan mengkonsumsi coklat.
Meskipun bisa bikin suasana hati jadi lebih baik, bukan berarti boleh sering-sering makan coklat dalam jumlah banyak ya. Seenak apapun kalau udah kebanyakan, eneg juga kan. Biasakan membatasi coklat setidaknya seminggu 3 kali masih okelah. Tapi kalau setiap hari makan coklat trus makannya sampe 250gr setiap hari ya gendut juga ntar. Ingat loh dalam makanan yang terbuat dari coklat banyak kandungan gulanya. Kecuali jika kamu suka makan coklat pure yang notabene pahit banget ya. 

Azam pernah tuh makan coklat pure yang ampun deh pahit.. Dia yang biasanya exited sama coklat langsung udah di gigitan pertama. hahahahha mamaknya ngikik.

Dalam banyak-banyak makanan yang terbuat dari coklat Azam paling suka sama brownies coklat. Selain nyoklat banget brownies memiliki tekstur soft di dalam dry di luar jadi mudah digenggam. Saya juga suka brownies soalnya bikinnya mudah. Kayak kemarin nih kita coba nikin brownies berdua eh bertiga ding bareng kakak sepupunya yang lagi liburan di rumah kami. 

Awalnya pingin bikin brownies yang soft dan kalau bisa yang melted jadi meleleh di tengah ketika digigit. Eh karena salah dikit... aja (gas abis, Bo) akhirnya si brownies jadi dry banget sampai luarnya keras tapi syukurlah masih tetep soft sedikit di dalam. :D....

Membuat cake semacam ini memang tricky sih menurutku. Salah adon sedikit aja udah ngambek. Salah ukuran sedikit aja udah merajuk. Sensi gitulah. Berbeda kalau kita masak makanan yang yah.. masih bisa diutak-atik kalau ada kesalahan dalam bahan dan rasa. 

Pinginnya sih  nulis resep tapi ini postingan sudah panjang banget kayaknya ya... Okelah next post saya tulis resepnya ya... semoga bisa dipraktekkin bareng anak-anak ya, Bu.
Post Comment
Posting Komentar